Profil

| 25-11-2014   22:26:01 WIB

PROFIL PROGRAM STUDI

A.  Visi

“Tahun 2025 menjadi program studi manajemen yang berkualitas dalam penyelenggaraan tridharma Perguruan Tinggi yang berwawasan teknologi informasi dan memiliki jaringan global dalam peningkatan daya saing”

B.  Misi

  1. Menyelenggarakan sistem pendidikan terpadu berbasis teknologi informasi dan nilai-nilai syariah serta semangat entrepreneurship yang tinggi.
  2. Menyelenggarakan penelitian untuk menghasilkan produk riset yang bermanfaat bagi peningkatan kualitas hidup masyarakat dan menghasilkan publikasi di tingkat internasional.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang berorientasi pada pemberdayaan berkelanjutan.
  4. Menyelenggarakan kerjasama akademik maupun bisnis dengan berbagai institusi baik lokal, nasional maupun internasional.
  5. Menyelenggarakan sistem manajemen dan tata kelola akademik program studi yang transparan dan akuntabel.

C.  Tujuan

Beberapa hal yang menjadi tujuan dari Program Studi S-1 Manajemen adalah sebagai berikut:

  1. Menghasilkan sarjana yang memiliki kompetensi bidang ilmu manajemen, berjiwa enterpreneur, berkepribadian islami, serta berdaya saing tinggi.
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi di dalam bidang ilmu manajemen.
  3. Menghasilkan produk riset berkualitas dalam bidang manajemen yang mampu memecahkan permasalahan dalam masyarakat maupun dunia industri.
  4. Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat yang mampu meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat melalui berbagai program.
  5. Menghasilkan program kerjasama dengan berbagai instansi baik di tingkat nasional dan internasional.
  6. Menghasilkan sumber daya manusia yang handal dan siap pakai untuk dunia industri dan dunia usaha.

 D.     Sasaran Program Studi

Sasaran Program Studi Manajemen adalah terselenggaranya proses pembelajaran yang berorientasi pada dunia kerja, dimana lulusan Universitas Ubudiyah Indonesia harus mampu berperan sebagai tenaga professional yang memiliki kompetensi holistik dibidang manajemen dan bisnis, serta beretika Islami.

  1. Terselenggaranya proses belajar-mengajar yang berkualitas dengan kurikulum yang berorientasi dunia kerja dan materi perkuliahan yang selalu di-update, dosen-dosen yang berkualitas, serta melibatkan praktisi dalam  proses belajar mengajar;
  2. Terjalinnya kerjasama dan kemitraan institusional yang saling menguntungkan dengan lembaga pendidikan tinggi lain dan industri baik didalam maupun di luar negeri;
  3. Menghasilkan minimal 1 karya ilmiah dosen per tahun dan meningkatkan mutu kegiatan pengabdian kepada masyarakat, yang mencakup pelatihan-pelatihan, workshop, seminar, pemberian konsultasi dan pemberdayaan masyarakat.

E.    Profil Lulusan

  1. Mampu menghayati hakikat, makna, fungsi dan hukum-hukum dalam ilmu ekonomi  dan manajemen yang berguna bagi masyarakat dan stakeholder;
  2. Memiliki kemampuan analisis yang baik pada setiap persoalan-persoalan yang berkaitan dengan ekonomi, manajemen dan bisnis;
  3. Memiliki karakter sebagai pribadi yang tangguh, professional, mandiri, dan sersikap kritis dalam menyikapi setiap perubahan lingkungan yang terjadi;
  4. Memiliki pemahaman dan keterampilan dalam pengambilan keputusan operasional dan manajerial di organisasi  dan  bisnis;
  5. Mampu mengelola perubahan secara kreatif dan realistis.

F. Prospek Kerja Lulusan

Secara umum dapat dipastikan lulusan manajemen mampu bekerja pada berbagai sektor, baik itu sektor pemerintahan maupun non pemerintahan (swasta), BUMN, tenaga professional, akademisi, praktisi, pengusaha, lembaga keuangan dan perbankan. Adapun prospek kerja potensial sesuai dengan keilmuan dan kompetensi yang dimiliki lulusan S1 Manajemen UUI adalah sebagai berikut:

  1. Wirausaha sebagai pengusaha;
  2. Konsultan sebagai perencana bisnis dan keuangan, konsultan SDM dan manajemen;
  3. Sektor perbankan sebagai staf keuangan dan operasional, serta analis sekuritas;
  4. Akademisi sebagai peneliti;
  5. Perusahaan sebagai manejer keuangan, SDM, dan pemasaran;
  6. Pemerintah sebagai pegawai negeri sipil;
  7. Tenaga penjual sebagai pemasar.