Dosen Ubudiyah Mengikuti Seminar Sosialisasi Kurikulum KKNI dan SNPT

| 13-11-2014   11:24:58 WIB | dilihat 435 kali

(Rifyal Dahlawy Chalil, SEI., M.Sc)

Rabu 13 November 2014, dosen Universitas Ubudiyah Indonesia (UUI) yang diwakili oleh Doni Arief Sumarto, ST., MT., Nurafni, S.Psi., M.Psi., dan Rifyal Dahlawy Chalil, SEI., M.Sc menghadiri undangan mengikuti Seminar Sosialisasi Kurikulum Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT). Seminar sosialisasi ini diselenggarakan oleh Kopertis 13 Aceh dengan menghadirkan Pemateri DIKTI Dr. Ir. Endrotomo, MT.

Seminar sosialisasi yang diselenggarakan di Aula Akbid Muhammadiyah Banda Aceh bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada pimpinan dan dosen PTS agar mampu merancang kurikulum sesuai dengan KKNI dan SNPT. KKNI adalah kurikulum yang disusun berdasarkan kerangka penjenjangan kualifikasi kompetensi yang dapat menyandingkan, menyetarakan, dan mengintegrasikan antara bidang pendidikan, dan bidang pelatihan kerja serta pengalaman kerja dalam rangka pemberian pengakuan kompetensi kerja sesuai dengan struktur pekerjaan di berbagai sektor.

Kurikulum KKNI memiliki 9 jenjang kualifikasi, dimana jenjang pertama adalah kualifikasi jenjang tingkat SMA, jenjang keenam adalah kualifikasi tinggkat D4 dan SI, dan jenjang ke 8 dan 9 adalah kualifikasi untuk Master (S2) dan Doktor (S3). Jenjang kualifikasi merupakan tingkat capaian pembelajaran yang disepakati sacara nasional, disusun berdasarkan ukuran hasil pendidikan dan pelatihan yang diperoleh melalui pendidikan formal, nonformal, informal, atau pengalaman kerja. Pelaksanaan kurikulum KKNI dimulai dengan menetapkan profil lulusan, merumuskan capaian pembelajaran yang harus dikuasai oleh lulusan, memetakan kompetensi bidang kajian dengan capaian pembelajaran, merumuskan mata kuliah sesuai bidang kajian, dan diakhiri dengan merumuskan GBPP dan SAP mata kuliah.

Melalui Seminar Sosialisasi Kurikulum KKNI dan SNPT ini diharapkan mahasiswa lulusan dari perguruan tinggi memiliki kompetensi yang dibutuhkan di dunia kerja dan mendapat penyetaraan kualifikasi kompetensi dengan lulusan-lulusan perguruan tinggi dari negara-negara lain.

Facebook Twitter Google Digg Reddit LinkedIn Pinterest StumbleUpon Email

Hadis-hadis pilihan
" Tidak kecewa orang yang istikharah (memohon pilihan yang lebih baik dari Allah), tidak menyesal orang yang bermusyawarah dan tidak akan melarat orang yang hidup hemat. (Ath-Thabrani). "