Dosen-Dosen UUI Mengikuti Pelatihan Penulisan Hibah Penelitian Dikti

| 03-11-2014   14:42:54 WIB | dilihat 467 kali

Senin 03 November 2014, Universitas Ubudiyah Indonesia (UUI) kedatangan Prof. Suminar Setiati Achmadi, Ph.D. Kedatangan Prof. Suminar adalah dalam rangka memberikan Seminar Pelatihan Penulisan Proposal Penelitian DITLITABMAS DIKTI. Acara seminar diadakan di Plenary Hall Universitas Ubudiyah Indonesia (UUI) dari pukul 08.30 s/d 13.00, yang diikuti oleh seluruh Dosen UUI dan dosen-dosen PTS lain.

Acara diawali dengan pembukaan dari Bpk. Hari Santoso, S.Psi., M.Ed sebagai moderator, dan kata sambutan yang disampaikan oleh Bpk. Jurnalis J. Hius, ST., MBA. Sesi pertama Prof. Suminar memberikan pemaparan terkait tata cara penulisan proposal penelitian yang baik dan sesuai dengan format yang ditetapkan DIKTI. Para peserta pelatihan sangat antusias dalam mengikuti seminar, hal ini terlihat dari antusiasme peserta dalam bertanya dan berdiskusi. Prof. Suminar yang merupakan guru besar dari Institut Pertanian Bogor (IPB), adalah orang kepercayaan DIKTI dalam memfalidasi setiap proposal usulan penelitian yang masuk untuk mendapatkan dana hibah penelitian. Sehingga bayak dari para peserta pelatihan yang khusus bertanya dan berdiskusi mengenai cara untuk mendapatkan dana hibah penelitian. Secara garis besar Prof. Suminar menjelaskan cara untuk memenangkan dana hibah penelitian DIKTI adalah dengan menyiapkan proposal penelitian yang memiliki masalah bersifat nasional, artinya cakupan penelitian tidak terlalu sempit (lokal). Cakupan penelitian yang spesifik/sempit memungkinkan untuk dilakukan jika permasalah tersebut memang menjadi ciri khas suatu daerah misalnya Kopi Gayo yang hanya ada di Takengon. Kemudian dalam proposal penelitian tidak perlu memasukkan Tinjauan Pustaka yang terlalu panjang, karena syarat dari dokumen proposal penelitian hanya maksimal 20 halaman atau memiliki ukuran maksimal 5 MB saat diunggah.

Memasuki Sesi Kedua, Prof. Suminar membahas proposal-proposal peserta pelatihan yang dikirimkan melalui email. Prof. Suminar membaca dan mengoreksi setiap kesalahan-kesalahan proposal penelitian dari peserta. Kebanyakan sumber kesalahan dari proposal peserta adalah latar belakang dan perumusan masalah, ketidaksesuaian antara judul penelitian dan masalah yang diangkat, metode peneltian dan jadwal pelaksanaan penelitian. Sesi kedua berakhir pukul 13.00, dan ditutup oleh Rektor UUI Ibu Marniati, SE., M.Kes, dan dalam penutupan pelatihan Rektor berpesan agar dosen-dosen UUI harus senantiasa mersemangat dalam melakukan penelitian. Besar harapan Rektor, agar pelatihan ini memberikan pencerahan bagi seluruh peserta khususnya Dosen UUI akan pentingnya penelitian, dan tahu bagaimana memenangkan dana hibah penelitian DIKTI.

 

 

Rifyal Dahlawy Chalil, M.Sc

Ketua Prodi Manajemen UUI

Facebook Twitter Google Digg Reddit LinkedIn Pinterest StumbleUpon Email

Hadis-hadis pilihan
" Tidak ada alasan bagi seseorang untuk diampuni dan kembali kepada jalan Allah yang telah Allah tangguhkan ajalnya sehingga dia sudah mencapai usia enam puluh tahun. (HR. Bukhari) "